IMG_20140401_190115Nyepi atau tahun baru caka, bagi umat hindu khususnya di Bali  di awali oleh serangkaian upacara yakni Ngerupuk, Nyipeng/Nyepi dan Ngembak geni/ Api. Jika di Sesetan Denpasar memiliki Tradisi Omed-omedan sehari setelah nyepi, beda halnya dengan tradisi yang berlangsung diBali utara tepatnya di Desa Banjar Tegeha, Kec. Banjar, Kab.  Buleleng.Yakni ‘Nyakan Diwang’ .
            Trsdisi yang sudah berlangsung turun temurun ini hingga kini masih berlangsung didesa ini. ‘Tradisi ini sudah berlangsung dari dulu, cuma untuk di wilayah ini ( Desa Banjar Tegeha-Red ). Kurang di ‘ Ajegkan ‘  dari pihak desa, kalau di desa tetangga ( Desa Dencarik -Red ). Itu bisa kena denda jika tidak melakukan tradisi ini ‘, Kata salah satu warga desa Br. Tegeha. Diharapkan untuk kedepannya ada perhatian lebih dari pihak terkait karena ini tidak disemua wilah memiliki tradisi seperti ini.*1404

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.

Comments on Facebook