Menu 1

September 19, 2019

Clara Listya dan Gede hadika dinobatkan sebagai Juara Duta Bahasa Prov. Bali 2016

foto by team Duta Bahasa Prov. Bali
foto by team Duta Bahasa Prov. Bali

Kabarportal.com- Balai Bahasa Provinsi Bali, Kembali menggelar ajang bergensi ditahun ini, Pemilihan Duta Bahasa 2016. Dimana kegiatan tersebut adalah salah satu upaya pembinaan bahasa dan penumbuhan kesadaran penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar di kalangan generasi muda. Dimana nantinya seorang duta bahasa diwajibkan memiliki kemahiran dalam berbagai bahasa yang sudah ditetapkan, seperti bahasa Indonesia, bahasa asing, dan bahasa daerah yang dapat menjadi contoh bagi kaum muda lainnya. Mereka yang terpilih nantinya akan  menjadi mitra Balai Bahasa dalam upaya pembinaan bahasa dan menjadikan generasi yang mampu mengkomunikasikan gagasan secara berkualitas.

Terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk mengikuti pemilihan ini, yaitu pemuda dan pemudi berusia 18—25 tahun, ber-KTP di wilayah Provinsi Bali, belum menikah, berkepribadian dan berpenampilan menarik, mahir berbahasa Indonesia dan daerah, serta menguasai salah satu bahasa asing. Calon peserta diwajibkan untuk mengirim karangan argumentasi dalam bahasa Indonesia dengan tema “Pemuda dan Bahasa”.

Dalam pemilihan Duta Bahasa Tingkat Provinsi Bali Tahun 2016, melibatkan tiga pakar bahasa sebagai tim juri utama. Mereka adalah Drs. I Wayan Tama, M.Hum. (Balai Bahasa Provinsi Bali), Drs. I Made Madia, M.Hum., dan Dr. I G.A.A. Mas Tri Adnyani, S.S., M.Hum. (keduanya adalah dosen Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Udayana). Tim Juri Utama ini akan didampingi oleh beberapa praktisi dari Duta Bahasa Nasional dan dari komunitas yang ahli di bidangnya.

Pada awal seleksi para peserta diwajibkan untuk mengumpulkan materi berupa makalah dan pengumpulan makalah sendiri ditutup pada akhir 1 Juli 2016. sebanyak 65 peserta yang lolos untuk mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang diadakan pada tanggal 14 Juli 2016.

Pembekalan  calon duta bahasa dilaksanakan pada 1-3 Agustus 2016. Kegiatan ini diisi dengan pembekalan oleh ketiga dewan juri dan pembekalan kepribadian oleh Ni Nyoman Krisna Kumalayani, S.S. (Duta Bahasa Nasional 2010 dan Putri Pariwisata), tanya jawab, presentasi, debat, dan tes kemahiran berbahasa daerah dan bahasa asing. Semua kegiatan seleksi dilaksanakan di Balai Bahasa Bali. Final Duta Bahasa Provinsi Bali 2016 diadakan di Gedung Citta Klangen ISI Denpsar, Renon pada 6 Agustus 2016. Acara final dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Bali, perwakilan ISI Denpasar, perwakilan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Jegeg Bagus, duta-duta yang ada di Bali, serta perwakilan para sponsor.

Pada malam puncak penganugrahan Duta Bahasa 2016 pada hari Sabtu 6 Agustus bertempat di Gedung Citta Kelangen, Institut Seni Indonesia-Denpasar, ini menobatkan Ni Nyoman Clara Listya Dewi, sebagai Juara dalam ajang Pemilihan Duta Bahasa 2016, dengan total nilai keseluruhan 819, disusul oleh I Gede Hadika  Kresna Wirawan dengan total nilai keseluruhan 813.

Para pemenang dalam ajang yang sudah digelar untuk ke-11 kali ini berhak mewakili Bali dalam pemilihan Duta Bahasa Nasional di Badan Bahasa Jakarta pada bulan Oktober 2016. [KBP/ Rls/ G14]

Berikut adalah nama – nama dari para pemenang :

JUARA LOMBA PEMILIHAN DUTA BAHASA

PROVINSI BALI 2016

 

No. Juara Nilai No. Undi Nama Alamat

 

1. Juara I

 

819 4 Ni Nyoman Clara Listya Dewi
2. Juara II

 

799 2 Gusti Ayu Made Dwi Adi Susanti
3. Juara III

 

787 6 Gek Ayu Krismayogi

 

4. Harapan I

 

780 8 A A Made Ariasih
5. Harapan II

 

779 9 Anak Agung Istri Devi Wulandari Putra
6. Harapan III

 

775 10 Putu Ayu Adiyanti

JUARA LOMBA PEMILIHAN DUTA BAHASA

PROVINSI BALI 2016

 

No. Juara Nilai No. Undi Nama Alamat

 

1. Juara I

 

813 3 I Gede Hadika  Kresna Wirawan
2. Juara II

 

797 17 I Wayan Dedi Putra
3. Juara III

 

777 7 I Wayan Adi Pranata, S.Ked.

 

4. Harapan I

 

770 13 I Putu Rama Candra
5. Harapan II

 

767 19 Putu Bagus Mahardika
6. Harapan III

 

765 5 I Made Dwi Hita Darmawan

 

Comments on Facebook