Presslist 8 maknai tentang keberagaman Indonesia

kabarportal.com – Satulagi kegiatan anak muda yang sarat akan prestasi, Apresiasi Sineas dan Jurnalist atau Presslist yang diselenggarakan oleh klub jurnalistik SMA 3 Denpasar (Madyapadma Jurnalistik Park). Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 2010 tersebut sekaligus sebagai ajang untuk berkumpul, berkreativitas serta berekspresi bagi anak-anak muda yang rata-rata pesertanya masih duduk di bangku sekolah.

“tahun ini sudah menginjak angka delapan, jadi untuk kegiatan tahun ini akan diisi dengan perlombaan, peluncuran buku, book faire, anugerah Blog tingkat pelajar dan umum se-Bali, OTS Kording, bedah buku, pelatihan karikatur, dan lainnya”. Ungkap Vira Niyatasya Shiva Duarsa selaku Pimpinan Umum dari Madyapadma Jurnalistic Park, pada sesi jumpa press di kubu kopi jl. Hayam Wuruk Denpasar (20/4).

Lebih lanjut, perempuan yang akrab di sapa Vira tersebut menjelaskan, acara Presslist 8 tersebut diadakan selama 2 hari (21-22 April), yang melibatkan sebanyak 439 peserta dari 4 provinsi di Indonesia seperti Jawa Tengah, DIY Jogjakarta, DIK Jakarta serta Bali.

Selain diisi dengan kegiatan perlombaan, presslist 8 juga diisi dengan Re-Lounching website Madyapadma digital library, youth jurnalist exebition Madyapadma. Ada satu hal yang menarik dari rangkaian kegiatan yang bertema beda warna satu jiwa Indonesia tersebut, yakni adanya penandatangan petisi reformasi pendidikan yang mereka adakan via situs change.org, dimana dalam petisi ini mereka menyuarakan tentang pendidikan untuk membantu manusia muda dalam mencapai kedewasaan atau menemukan jati dirinya yang berlangsung seumur hidup.

Dalam petisi yang ditujukan langsung kepada Presiden RI ke 7 Ir. Joko Widodo serta kepada metri Pendidikan Indonesia.

Vira juga mengharapkan dengan diadakannya kegiatan presslist tersebut, pihaknya bisa mendorong, mengunggah serta meningkatkan kualitas dan kemampuan jurnalistik yang dimiliki oleh remaja dalam bidang redaksi. “harapan kami juga dengan terselenggaranya kegiatan ini, peserta bisa lebih memaknai tentang keberagaman Indonesia sehingga bisa menggugah rasa persatuan dan toleransi”.Tutupnya.

Seperti yang diketahui, acara selama duahari tersebut memakan dana sebesar 60jt yang mana 75% dari total dana teraebut dikumpulkan secara mandiri. [ZAP]

Share Button

Comments on Facebook