Sebuah aplikasi berbasis Android diluncurkan oleh Asisten Operasi (AsOp) Mabes Polri, Kamis (19 Oktober 2017) di Mapolda Bali. 
 
Aplikasi yang diberinama “Help Bencana” tersebut secara khusus dibuat untuk masyarakat Bali guna mengetahui erupsi Gunung Agung di kabupaten Karangasem. 
 
Peluncuran aplikasi tersebut dipimpin langsung oleh Asisten Operasi Irjen Pol Mochammad Iriawan yang didampingi oleh Kapolda Bali, Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose, Wakapolda Bali Brigjen Pol. Alit Widana dan dihadiri oleh seluruh jajaran terkait di Polda Bali. 
 
Dalam kesempatan itu, Irjen Pol Mochammad Iriawan mengatakan, aplikasi tersebut tercipta dari pengalaman letusan Gunung Merapi. “ini tercipta dari pengalaman terdahulu saat Gunung Merapi meletus”, ungkapnya seusai acara peluncuran aplikasi. 
 
Iriawan juga menambahkan, dengan adanya aplikasi tersebut, diharapkan mampu menangkal terjadinya banyak korban. “kita harapkan tidak ada korban jiwa nantinya, semua handphone yang sudah terpasang aplikasi akan terhubung secara otomatks dan cara kerjanya apliaksi  seperti alarm”, jelasnya.
 
 
Dalam pemaparannya, Iriawan juga mengungkapkan jika aplikasi tersebut terhubung secara langsung dengan pihak terkait seperti kepolisian, PVMB, BMKG, TNI, BPBD, dan Pemda setempat. 
 
Untuk diketahui, prosedur penekanan tombol alarm menurutnya akan mengikuti prosedur yang ada, dimana tanda bahaya tersebut merupakan kewenangan dari PVMBG. “yang menekan tombol tersebut dari badan Vukanologi karena itu memang kewenangan mereka. Setelah tombol ditekan, seluruh handphone yang sudah terhubung dengan aplikasi secara otomatis akan berbunyi”, ungkap Kapolda Bali, Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose, saat di konfirmasi seusai acara. 
 
Sementara itu, masyarakat bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui link berikut ini, 
http://bit.ly/halpmebencanaalam setelah selesai di instal, maka masyarakat wajib melakukan registerasi terlebih dahulu, setelah proses registerasi selesai maka aplikasi sudah bisa dilakukan selayaknya group chating. 
 
Sebagai informasi tambahan,  pembuatan aplikasi Help Bencana tersebut merupakan bentuk atensi dari arahan Presiden Joko Widodo yang mengintruksikan Kapolri untuk mengkoordinir unsur Polri, bahwa bila ada erupsi Gunung Agung, terhindar dari korban jiwa dan harta benda. 
BACA JUGA:  AC x DC Art Visual

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.

comment dong