Ketika dilanda batuk berdahak tentunya cukup mengganggu aktivitas kita, terlebih susahnya mengeluarkan dahak. Minum obat dan kedokter pun menjadi salahsatu tujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Namun taukah anda jika bahan herbal pun bisa mengeluarkan dahak kita. Melansir laman merdeka. com (29/10) diketahui ada beberapa cara alami untuk mengeluarkan dahak yang mengganggu seperti berikut ini….

Madu dan jahe

Minuman hangat selanjutnya yang cocok sebagai cara mengeluarkan dahak adalah meminum madu dan jahe. Sejak jaman dulu telah dipercaya bahwa jahe merupakan rempah-rempah yang dapat meminimalkan batuk serta cara mengeluarkan dahak. Anda bisa meminumnya dengan memarut 100 g jahe lalu peras airnya. Campurkan dengan madu dan segelas air hangat. Minum 2 kali sehari agar dahak segera keluar.

Kumur air garam

Sudah jadi rahasia umum kalau garam biasa digunakan sebagai obat jika ada masalah kesehatan pada gigi. Namun tidak hanya untuk masalah gigi saja, garam juga dapat dipakai sebagai cara mengeluarkan dahak yang efektif. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab dahak. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Kumur hingga pangkal lidah dengan menengadahkan kepala agar bisa membasmi bakteri penyebab dahak.

 

source image http://bit.ly/2ydpkfO

Banyak minum minuman hangat

Minuman hangat akan membuat lendir yang mengendap pada tenggorokan menjadi lebih encer sehingga cairan bisa keluar. Tidak hanya meminum air mineral hangat saja, Anda bisa memvariasikan dengan teh hangat, jahe hangat, lemontea hangat, mint tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan dahak keluar.

Kunyit

Kunyit mempunyai sifat dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab batuk berdahak terutama untuk membuat dahak menjadi cair sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Caranya adalah dengan memarut kunyit, lalu peras airnya. Seduh dengan segelas air hangat. Bisa juga dengan ditambahkan madu. [merdeka/KP14]

BACA JUGA:  Kak Mahir si Penjelajah.