Salah satu organisasi yang digagas sejak awal tahun 2016 kemarin ini cukup memperhatikan keberadaan anak-anak yang berkebutuhan khusus yang ada di Bali. Adalah Ketut Ari Kesuma Dewi, Siska Desiyanti, Vivi Nuril Maulana dan Ni Putu Candra Dewi merupakan orang yang ada dibalik organisasi Bumi Setara ini.

Bumi merujuk pada tempat, tempat kita tinggal saat ini dan bisa juga mulai dari lingkungan yang terkecil. Kalau setara itu merujuk pada kesamaan kesempatan sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh siapa saja”.

Ada cerita menarik dibalik berdirinya organisasi Bumi Setara ini, dimana mereka secara resmi berdiri pada 11 Mei 2016 tersebut berawal dari Ari, salah satu anggota mendapat tantangan untuk membuat program beasiswa yang ditujukan khusus untuk difabel. Saat diceritakan pada rekan-rekannya, Ari mendapatkan tanggapan yang cukup positive dan kebetulan temannya juga memiliki pemikiran yang sama. “Kenapa tidak? kami juga berpikir hal yang sama dengan Ari, maka kami bentuklah Bumi Setara dimana Bumi Setara memiliki program beasiswa yang ditujukan khusus untuk difabel”. Ungakap salah satu member dari Bumi Setara.

Baca Juga : Shoot Bali Community, Kegiatan Diawal Tahun

Mereka juga memberikan alasan mendasar kenapa mereka terbentuk selain sebuah tantangan, karena mereka melihat pentingnya sebuah pendidikan bagi dasar untuk anak-anak. “pendidikan itu penting, apalagi pendidikan dasar untuk anak-anak. Nah, tidak terkecuali pendidikan buat adik-adik kita yang spesial. Tapi anehnya, kita sering lupa sama hal itu. Jadi dasarnya karena bumi manusia ini belum setara”. Imbuhnya.

Bumi Setara sendiri menanamkan system berbagi dan kesukarelawanan, untuk spesifiknya di Bumi Setara sendiri berfokus ke dunia difabel dan pendidikan formal. Ketika ditanya kenapa memilih nama Bumi Setara, mereka menjelaskan bahwa, “Bumi merujuk pada tempat, tempat kita tinggal saat ini dan bisa juga mulai dari lingkungan yang terkecil. Kalau setara itu merujuk pada kesamaan kesempatan sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh siapa saja”.

BACA JUGA:  BALI BEACH CLEANERS : Pantai bersih hidup Sehat.

Dan untuk kalian yang mau bergabung sebagai donator dalam Bumi Setara ini, kalian bisa memilih 2 jenis donator. “ada dua jenis yakni Donatur Tetap atau disebut juga Kakak BuSet dan Donatur Lepas, tanpa ikatan jangka waktu dan jumlah sumbangannya juga dibebaskan bahkan boleh juga kalau mau menyumbang selain dana asal masih berkaitan dengan pendidikan adik-adik di Bumi Setara. Kami juga terbuka untuk yang ingin mendonasikan keahliannya”. Pungkasnya.

Baca Juga : Tat Twam Asi-Anak Rantau Buleleng Community bersinergi dengan “Anantara”

“Untuk menjadi Kakak BuSet kita harus menyatakan kesanggupan dulu di awal akan  menyumbang setidaknya seratus ribu setiap bulan sebelum tanggal 10. Pilihan jangka waktunya ada yang enam bulan dan ada juga yang dua belas bulan. Di tahun pertama dengan sejumlah Kakak BuSet yang ada dan bergotong royong, Bumi Setara mempunyai lima orang adik-adik penerima beasiswa”. Tandasnya

Bumi Setara ini memiliki system kerja yang cukup unik, mereka menjelaskan jika di awal ada bagian Relationship yang bisa dihubungi untuk informasi seputar Bumi Setara maupun berdonasi, bagian ini juga yang akan mengingatkan Kakak BuSet setiap awal bulan. Ada bagian keuangan yang akan menyajikan laporan keuangan secara berkala dan bagian administrasi yang mengolah data Bumi Setara. Laporan terbaru Bumi Setara juga bisa diakses publik lho, di bit.ly/keuanganbuset dan bit.ly/aktivitasbuset.

So untuk kalian yang merasa bingung membaca tulisan ini atau bahkan malas untuk membacanya silahkan obok-obok medosos mereka di akun Instagram dan Twitter @bumisetara_id, di halaman Facebook Bumi Setara atau bisa juga lewat official line @gfz5262u. siapatau setelah obok – obok akun mereka kalian terketuk hatinya untuk ikut bergabung.

BACA JUGA:  Mau Awet Muda?! Lakukan ini

Penulis : G14 | Foto by istimewa

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.

comment dong