Sukardi Rinakit Ph. D, staff khusus kepresidenan R I, membuka secara resmi pameran tunggal dari perupa berdarah Bangli,  Dr I Wayan “Kun” Adnyana, Kamis 26 Oktober 2017 di Museum Neka Ubud. Pameran yang bertajuk Candra Sangkala tersebut, diselenggarakan secara bergandengan dengan Ubud Writers & Readers Festival. Dalam Pameran tersebut Kun memamerkan sebanyak 20 karya yang dikurasi oleh Warih Wisatsana.

Ditemui sebelum acara, Warih Wisatsana sangkurator mengungkapkan bahwa, Kun bukanlah perupa biasa, melainkan Kun adalah seorang perupa yang berkarya berdasarkan riset. “Kun itu saya ibaratkan seorang arkeolog, dia melakukan riset terlebih dahulu sebelum menuangkan ide – ide yang dimilikinya diatas sebuah kanvas”, ujar Warih Wisatsana yang juga merupakan kurator di Bentara Budaya Bali.

Dr I Wayan “Kun” Adnyana/kabarportal

Kun mengungkapkan, tahap yang cukup sulit dilalui saat proses pembuatan karyanya adalah ketika dirinya menerjemahkan relief yang jadi bahan risetnya ke dalam sebuah karya. “menerjemahkan relief menjadi sebuah karya lukisan adalah tahap tersulitnya, dan melalui buku Monumental Bali : Introduction to Balinese Archaeology & Guide to the Monuments karya August Johan Bernet Kempers, saya menemukan inspirasi untuk menerjemahkannya kedalam sebuah seni lukis”, ucap pria yang juga merupakan seorang dosen seni di salahsatu perguruan tinggi negri di Bali.

Kun juga menambahkan, butuh waktu setahun untuk menyelesaikan karyanya tersebut. Kun menggunakan 5 pendekatan yakni teknik cutting, coloring, smashing, hilighting dan drawing serta Kun juga mengelompokkan karyanya menjadi dua yakni Interior dan Eksterior yang secara keseluruhan mencerikan tentang kehidupan sehari-hari. Lukisan-lukisan yang berukuran 160 x 200 cm, akan di pamerkan hingga 26 November mendatang.

artikel Pribadi

BACA JUGA:  GNDLMGL berhasil merekam jalan, kini Mereka rekam wajah

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.