Foto source http://bit.ly/2uOOtev

Musim panas hampir mencapai puncaknya, tapi tanggal merah di kalender untuk para pekerja tidak banyak yang tersisa di sisa musim panas ini. Kalau kamu ingin merasakan liburan musim panas yang cukup panjang, tentu harus mengajukan cuti terlebih dahulu. Namun, cuti bukanlah hal yang mudah didapat. Cukup banyak kasus traveler yang terpaksa membatalkan rencana liburan yang sudah disusun sejak jauh hari hanya karena gagal mendapatkan cuti.

Sebagai alternatif, kamu harus mengubah rencana liburan jangka panjangmu menjadi liburan singkat yang hanya bisa dilakukan di hari Sabtu dan Minggu. Supaya liburan singkatmu memuaskan, kamu harus memilih destinasi wisata yang bisa dieksplor hanya dalam waktu 2 hari 1 malam saja, seperti:

Belitung

Pulau yang secara administratif berada di provinsi Bangka Belitung (Babel) ini, hanya berjarak kurang dari setengah jam jika ditempuh menggunakan pesawat dari Jakarta. Pulau yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi ini memiliki wilayah yang tidak terlalu luas. Selain itu, lalu lintas di Belitung tidaklah sepadat Jakarta, Bali, atau Bandung. Jadi waktu tempuh dari satu titik wisata ke titik lainnya tidaklah terlalu lama.

Untuk menikmati waktu 1 malam di Belitung, kamu harus mengambil penerbangan yang landing di bandara Tanjung Pandan sebelum jam 12 siang. Setelah beristirahat, pilihlah daerah wisata di Belitung Timur terlebih dahulu. Waktu yang dibutuhkan dari bandara ke Belitung Timur tidaklah lebih dari 2 jam. Setelah sampai, nikmatilah panorama yang tersaji di beberapa spot menarik seperti Replika SD Laskar Pelangi, Rumah Keong, Museum Kata, Kampung Ahok, pantai Serdang, dan patai Nyiur Melambai.

Di malam hari, kembalilah ke Tanjung Pandan. Di sini, ada banyak pilihan penginapan dengan harga yang murah. Kamu juga bisa menghabiskan waktu di berbagai coffee shop terkenal di sana.

BACA JUGA:  TIF 2017. Harapkan mampu mendongkrak pariwisata Indonesia.

Keesokan harinya, kamu tinggal mengeksplorasi berbagai pantai berpasir putih nan cantik di dengan batu granit yang menjadi ciri khas Belitung sekitar Tanjung Pandan. Ada pantai Lengkuas, Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, serta Bukit Berahu. Di dekat Tanjung Pandan pun ada danau unik yang terbentuk akibat galian tambang. Namanya danau Kaolin yang berair biru seperti Kawah Putih di Ciwidey, Bandung.

Di sana ada banyak penyedia mobil dan motor yang bisa kamu sewa dengan harga terjangkau. Jika ingin perjalananmu menjadi lebih mudah, kamu hanya perlu menggunakan jasa guide yang mudah ditemukan di Tanjung Pandan.

Foto source http://bit.ly/2uOOtev
Foto source http://bit.ly/2uOOtev

 

Gili Lombok

Lombok di provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki tiga pulau cantik yang pamornya sudah mendunia, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. ketiga pulau berukuran kecil ini bisa kamu jelajahi hanya dengan trip 1 malam lho.

Hal pertama yang harus dilakukan tentu mencari penerbangan yang dapat landing di Bandara International Lombok (BIL), Praya sepagi mungkin. Setelah itu, kamu bisa menaiki mobil yang sudah dipesan sebelumnya dengan harga sekitar Rp. 600.000/mobil menuju daerah Pamenang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Lalu, kamu tinggal menyebrang ke pulau utama di GIli Trawangan menggunakan boat seharga Rp 15-20 ribu selama 20 menit.

Setelah mendapatkan penginapan, sewalah sepeda untuk digunakan berkeliling ke seluruh penjuru Gili Trawangan. FYI, di GIli Trawangan sama sekali tidak ada kendaraan bermotor yang bisa kamu gunakan. Jadi bersepeda dan berjalan kaki jadi pilihan yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi pulau. Saat senja datang, kamu wajib pergi ke sunset beach untuk menikmati indahnya matahari terbenam. Di pantai ini, ada ayunan di atas air bernama ‘ombak sunset’ yang bisa kamu gunakan untuk berfoto dengan latar matahari terbenam.

BACA JUGA:  [Film Pendek] IBU

Di malam hari, kamu wajib pergi ke pasar ikan di dekat dermaga Gili Trawangan untuk menikmati sajian kuliner bersama para bule. Btw, wisatawan di Gili Trawangan didominasi oleh turis mancanegara, lho. Di sana juga banyak club malam yang secara bergantian menggelar pesta.

Keesokan harinya, kamu bisa menikmati alam bawah laut dengan melakukan snorkling di beberapa spot menarik di ketiga pulau tersebut. Biasanya, kegiatan ini dimulai sejak pukul 10.00 WITA sampai pukul 14.00 WITA. Di sela kegiatan, kamu juga akan berkunjung ke Gili Air atau Gili Meno untuk menikmati makan siang yang biayanya sudah masuk ke dalam paket kegiatan snorkling yang disediakan pengelola.

Sebagai bonus, kamu bisa memilih perjalanan pulang menggunakan speedboat seharga Rp 350.000/orang menuju Bali. Dari Bali, barulah kamu kembali ke kota asal menggunakan pesawat yang take off di bandara Ngurah Rai.

Gimana? Menarik bukan? Sekarang kamu tidak perlu ragu untuk berlibur meskipun tidak memiliki banyak waktu. Jadi tunggu apalagi cek tiket pesawat murah dari sekarang. Jangan lupa juga, reservasi hotel online di reservasi.com terlebih dahulu untuk mendapatkan kenyamanan menginap dengan harga terjangkau. [KP14/IB]

 

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.

comment dong