Menu 1

September 19, 2019

Gempabumi Guncang Pulau Bali, tidak berpotensi Tsunami

Minggu 12 Februari 2017 sekitar pukul 12.25 wita, gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Selatan Bali. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 12:25:08 WITA. Dengan kekuatan M=5.2 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 9.73 LS dan 115.62 BT, pada kedalaman 10 km.[pullquote] “jadi kami himbau kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada di wilayah Bali Selatan agar tidak terpancing oleh issue yang ada, mengingat gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami, tetap waspa”. Ungkap Kepala BMKG wilayah III Denpasar Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS.[/pullquote]Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan hampir diseluruh wilayah Pulau Bali bagian selatan dengan kekuatan antara III-IV MMI, hal ini di konfirmasi dengan laporan dari masyarakat bahwa gempabumi tersebut dirasakan di Kuta, Nusa Dua, Tabanan, Denpasar dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dirasakan kuat oleh banyak orang. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa hingga saat ini.
Sampai dengan saat ini juga belum terjadi gempabumi susulan yang tercatat.Terkait dengan peristiwa gempabumi di selatan Pulau Bali yang baru saja terjadi, masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Khusus masyarakat di pesisir pantai selatan Bali, kepala BMKG wilayah III Denpasar menghimbau agar tidak terpancing isu yanga ada, mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

“jadi kami himbau kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada di wilayah Bali Selatan agar tidak terpancing oleh issue yang ada, mengingat gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami, tetap waspa”. Ungkap Kepala BMKG wilayah III Denpasar Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS. Melalui siaran rilisya.

Penulis : G14 | Foto : istimewa.

 

Comments on Facebook