Tak terasa ya guys puasa sudah memasuki pertengahan bulan, kendati demikian kalian harus tetap memperhatikan asupan air saat sahur pun ketika berbuka puasa.

Tentu hal ini dikarenakan, asupan air yang ada dalam tubuh kita sangat besar pengaruhnya terhadap kesehata organ tubuh yang kita miliki.

Nah oleh karena itu, sudah seharusnya kita mengetahui kadar air yang wajib kita penuhi untuk tubuh seperti yang dilansir dari laman detik (18/6) tentang aturan umum untuk konsumsi air mineral.

Seperti untuk laki-laki 3.25 liter per hari, sementara wanita 2.25 liter per hari. 

Fofo by Istimewa

Kalian juga bisa mengukur kebutuhan air per hari melalui berat badan. Pertama, timbang berat badan Anda, konversikan ke lbs. (1 kg = 2.204 lbs.) dan bagi 2.2. Kemudian kalikan hasilnya sesuai dengan usia Anda: Jika berumur kurang dari 30 tahun kalikan 40 Jika berumur 30-55 tahun, kalikan 35 Jika berumur lebih dari 55 tahun kalikan 30 Bagi hasilnya dengan 28.3. 

Hasilnya menunjukkan jumlah air dalam satuan ounce (1 ounce=29.5 ml) yang harus diminum setiap hari. Contoh, usia 28 tahun dengan berat badan 55 kg. Maka kebutuhan airnya : 55 kg = 121.22 lbs : 2.2=55.1 x 40= 2.204 ounce, lalu bagi dengan 28.3= 77.87 ounce atau 2.3 liter. 

Namun, kebutuhan air ini akan berubah jika Anda melakukan kegiatan fisik yang berat seperti berolahraga. Menurut America College of Sports Medicine, jika berolahraga di gym, Anda harus menambahkan asupan air 12 ounce atau 0.3 liter setiap 30 menit. 

Untuk mengukur asupan air, Anda juga perlu memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Perbanyak asupan makanan yang banyak mengandung air. Seperti mentimun, tomat, seledri dan kangkung. 

BACA JUGA:  Film Leak Penangkeb, Antara Ekspektasi dan Realita

Tetapi Anda juga harus memperhatikan bahwa banyak makanan mengandung banyak sodium. Seperti gorengan dan makanan olahan. Asupan makanan ini akan menyerap banyak air dalam tubuh dan memicu tekanan darah tinggi. Anda akan merasa sangat haus.[KP2]