Maraknya berita-berita palsu yang meresahkan masyarakat belakangan ini cukup mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Berita palsu atau sering disebut dengan Hoax, lebih banyak peredarannya melalui jejaring sosial seperti youtube, facebook serta saluran lainnya yang penyebarannya cukup susah untuk dihentikan.

Efek yang paling sederhana terjadi akibat peredaran berita Hoax tersebut adalah terjadinya kesalahpahan dimasyarakat tentu juga bisa berpotensi menyebabkan disintegrasi bangsa.

Melihat kondisi tersebut, beberapa kalangan cukul prihatin melihat kondisi demikian, lalu mereka yang menamakan diri ICT Watch, Watch Doc bekerja sama dengan BaleBengong.net, Nusa Penida Media, Cukul Klungkung, JCI semarapura, Bali Blooger Comunity, Nusa Penida Media dan SAFENET membuat acara nonton bareng Film dan diskusi “Lentera Maya Melawan Hoax” yang akan digelar di Balai Budaya Semarapura pada Rabu, 22 Maret 2017.

Baca Juga : Panji Wibowo : Pembuat Film Dokumenter harus kuasai teknis maupun artisktik dengan baik.

Sesuai rencana, acara akan dimulai pada pukul 17.30 Wita sampai 20.00 Wita. Dalam gelaran tersebut akan mengahdirkan pembicara seperti Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kapolres Klungkung AKBP FX Arendra Wahyudi, SIK, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semmy Pangerapan, pegiat ICT Watch Matahari Timoer serta Diah Dharmapatni dari BaleBengong.net.

Menurut penyelenggara Diah Dharmapatni, saat ini isu hoax sudah meresahkan masyarakat. “Berita hoax sudah meresahkan masyarakat melalui jejaring media sosial,” katanya.

Baca Juga : Tebak apa yang dilakukan kebanyakan orang saat baru bangun?

“Masyarakat sebagai penerima berita dituntut harus bisa memilih berita-berita yang bisa dipercaya kebenarannya. Melalui nobar film dan diskusi ini diharapkan pengguna media sosial lebih arif menggunakan bermedia sosial,” ujar Diah.

Senada dengan Diah, Osila dari Cinema Klungkung menyambut baik acara nonton bareng untuk mengedukasi melawan berita bohong tersebut.

BACA JUGA:  Gunung Agung Berstatus AWAS, Warga Besakih Tetap Beraktipitas Seperti Biasa

“Ketika ada tawaran untuk mengadakan acara nonton film dan diskusi tentang melawan hoax, saya menawarkan diri untuk mengadakannya di Klungkung. Karena Klungkung juga rentan terhadap isu hoax”.  kata Osila.

Dengan diselenggarakannya event ini, masyarakat diharapkan lebih jeli lagi dalam menerima informasi yang beredar. 

Penulis : Fajar | Foto : istimewa

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.

comment dong