Apa syarat utama untuk menjadi seorang blogger? Pertanyaan ini selalu muncul pada akhir pertanyaan ketika seorang teman ngobrolin tentang dunia blogger. Dan penulis seakan sudah hafal jawaban apa yang harus dilontarkan.

Gampang sebenarnya, syarat untama untuk menjadi seorang blogger adalah niat, wawasan luas dan internet. Ini alasannya kenapa penulis bilang niat, wawasan luas dan internet adalah syarat untuk menjadi blogger.

1 Niat.
Jadi bayangkan secara sederhana, jika mau sukses dibidang photography misalnya, ya mesti ada niat untuk belajar, belajar dan belajar, pasti akan ada cara untuk mewujudkan keinginan jika kita sudah memiliki niat yang kuat. Karena sekalipun kita banya uang namun niat untuk mengelolanya dengan baik tidak mumpuni maka tak pelak uang tersebut akan lenyap tak jelas, begitupun dengan dunia blogger, meski kita tak mahir tentang IT asalkan ada niat untuk belajar, belajar dan belajar tak mustahil untuk menjadi seorang blogger akan terwujud.

2 Wawasan Luas.
Ia syarat kedua ini memang penulis rasa wajib dimiliki, karena jika wawasan kita kurang maka tulisan dan bahan tulisan akan susah kita dapatkan. Menambah wawasan bisa kita lakukan dari mana saja, termasuk membaca, menonton atau pun mengobrol.

3 Internet.
Yak syarat terakhir adalah internet, yaiyalah meski tulisan bagus jika kalian tak memiliki koneksi internet bagaimana caranya untuk publish ke blog? Yang ada malah menuh-menuhin hadrisk saja nanti hee…

Jadi pada dasarnya syarat untuk menjadi seorang blogger adalah kemauan/niat itu adalah yang utama, karena menurut pengalaman penulis, rekan yang menjadi jurnalis pun tak semuanya mau jadi blogger padahal cukup banyak tulisan yang dilahirkan bukan? Nah beranjak dari sanalah penulis katakan kalau kemauan atau niatlah yang menjadi syarat utama untuk menjadi seorang blogger.

BACA JUGA:  Pekerjaan ini tergolong membuat depresi. apa saja

Ohya kalau menulis blog ya gak perlu panjang-panjang 500 kata minimal, kecuali (menurut penulis) kalau kalian menulis review.

Ohya satulagi, tulisan panjang atau pendek tak berpengaruh terhadap trafik kunjungan, yang pasti tulisan kalian haruslah padat dan jelas, plus konsistensi dalam menulis diblog itu sangat penting.