Foto by istimewa

kabarportal.com – Mungkin belum banyak yang mengetahui jika tanggal 12 April itu diperingati sebagai hari membawa bekal nasional. Hari membawa bekal nasional ini dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI bersama Kementerian Pendidikan Nasional, BPOM, dan PT Tupperware Indonesia dengan tujuan kalau membawa bekal dari rumah memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan masa depan sebuah bangsa.

Beranjak dari sinilah ditetapkan tanggal 12 April sebagai Hari Bekal Nasional.  Penetapan Hari Bekal Nasional menjadi tonggak awal untuk mencapai keamanan pangan yang merata bagi anak-anak di seluruh Indonesia dengan mendukung program dan kebijakan pemerintah khususnya Permendiknas No. 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan dan Program Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah sehat dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi peserta didik serta Program Badan POM RI, yaitu Gerakan Lima Kunci Keamanan Pangan Jajan Anak Sekolah.

Berikut ini kita berikan tips sederhana untuk membuat menu makan untuk bekal kerja atau bekal kesekolah anak seperti yang dikutip dari berbagai sumber :

Telur Jala Gulung misalnya. Menu yang satu ini, selain mudah membuatnya, sensasi rasanya pun menggugah selera. Rasanya semakin lengkapdengan daging dan sayuran.

Mari kita praktikkan!

Bahan-bahan:

6 butir telur, kocok sebentar

1 sdt minyak wijen

1 sdm minyak kacang

500 gram daging sapi cincang

2 siung bawang putih, memarkan

Saus hoisin secukupnya

420 gram sayuran beku

Daun ketumbar secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan telur dan minyak wijen ke dalam mangkuk, aduk rata. Panaskan wajan antilengket di atas api sedang. Tambahkan sedikit minyak kacang, diamkan sebentar.
  2. Tuang 2 sampai 3 sendok makan campuran telur dan bentuk seperti jala. Masak selama 30 detik dan tuang ke atas piring. Lakukan hal yang sama hingga telur dan minyak habis.
  3. Panaskan sisa minyak kacang dalam wajan dengan api besar. Tambahkan daging cincang dan tumis selama 3 menit atau sampai daging berubah warna. Masukkan bawang putih, tumis kembali selama 1 menit dan tambahkan saus hoisin secukupnya, aduk rata. Tambahkan sayuran dan tumis kembali selama 1 menit.
  4. Siapkan selembar telur jala di atas piring, tambahkan campuran daging cincang di tengahnya, gulung perlahan. Lakukan hingga telur jala dan campuran daging habis.
  5. Campurkan saus hoisin dan 2 sendok teh air dingin dalam mangkuk, tuangkan sedikit di atas telur jala gulung dan taburi dengan daun ketumbar. Sajikan dengan nasi putih hangat sesuai selera.
BACA JUGA:  Hebat. Pria Ini Meniup Seruling Sekaligus Menghisap Rokok

Yuk mulai sekarang giatkan diri untuk membawa bekal karena banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan embawa bekal sendiri.[AND/ OKZ/ TMB]

 

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.

comment dong