kabarportal.com – Bagi anda yang kesehariannya tidak terlepas dengan gadged khususnya handphone, tentu tak asing lagi jika sering kali merasakan handpone anda terasa panas, nah ini penyebabnya adalah prosesor smartphone anda sedang bekerja tentu ini berbeda dengan handphone biasa atau non-smartphone.

Lalu apakah yang harus dilakukan u tuk menghindari penumpukan hawa panas tersebut? Salah satunya adalah dengan menghadirkan prosesor yang lebih kuat

Seperti yang dilansir dari laman liputan6 (29/03), sekelompok ilmuwan dari IBM dan ETH Zurich berpikir mereka dapat sebuah solusi yakni mengembangkan baterai.

Baterai flow ini berukuran mini. Baterai yang dikembangkan tersebut menggunakan elektrolit yang dilarutkan dalam cairan untuk menyimpan beban. Seperti kebanyakan cairan, cairan pada baterai ini cukup baik dalam membawa panas.

Selanjutnya, para ilmuwan mengembangkan pengaturan yang membuat baterai mampu menghadirkan daya, tetapi juga menjadi medium untuk mengusir panas yang dihasilkan dari kinerja prosesor.

Sebenarnya, baterai flow bukanlah teknologi baru, namun implementasi teknologi baterai flow cukup unik. Biasanya baterai flow berukuran sangat besar dan dipakai untuk menyimpan daya dalam waktu yang cukup lama.

Kenyataannya, pada penelitian ini, tim ilmuwan mengembangkan sebuah cara, yakni dengan menggunakan air netral sebagai kendaraan yang mengangkut larutan elektrolit. Tujuannya untuk memberikan arus yang lebih besar dan mempertahan pemakaian baterai sekaligus mengurangi degradasi dari waktu ke waktu.

Mahasiswa doktoral ETH Zurich Julian Marschewski mengatakan, tim ilmuwan mereka adalah yang pertama mengembangkan teknologi seperti ini. “Kami adalah sekelompok ilmuwan pertama yang mengembangkan baterai flow berukuran kecil, yang menghadirkan daya tetapi juga mendinginkannya,” ujar Marschewski.(L6/FAJ)

Foto by istimewa

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.