alasan menikah/kabarportal.com

MANUSIA mana yang tak pernah marah? Marah itu hal wajar, namun secara berpebihan atau tak kontrol diri itu kurang baik dan cendrung membahayakan diri sendiri dan sekitar. Memang, dalam kondisi tersebut punya sensasi kenikmatan yang tiada tara, sebab ketika sedang marah, emosi yang menekan tubuh akan keluar dan meringankan beban.

Namun sadarkah kita, dampak apa yang akan muncul jika hal tersebut tak lagi terkontrol? Tentunya hanya menambah permasalahan baru. Untuk kalian yang sering atau mengalami hal tersebut wajib baca 10 tips mengendalikan diri dari amarah.

Kuasai Diri

Pertama, marah timbulnya karena masalah, namun marah-marah timbul karena gagalnya seseorang dalam memaknai sebuah masalah. So, jangan pernah marah-marah ya, jika tak mau dicap gagal.

Introspeksilah diri sendiri, cari tau dan gali inti dari sebuah permasalahan. Memang susah dan inilah tantangannya. Kuasai diri saat amarah menyerang adalah bentuk sederhananya.

Tenangkan Pikiran

Cobalah untuk tetap menenangkan pikiran, meski susah ini bisa dipelajari. Bayangkanlah ketika kalian merasakan hal yang tidak menyenangkan, begitupula dirasakan orang yang anda marah-marahi.

Atur Nafas

Ketiga, aturlah nafas kalian secara perlahan tarik nafas lalu hembuskan. Sebab saat dilanda amarah nafas otomatis tidak beraturan, kadang cepat, bahkan cepat sekali. Jika disadari itulah sumber penyakit yang berdampak pada diri sendir.

Berusaha Mengerti

Saat orang yang kalian marah-marahi itu orang yang anda kenal. Berusahalah mengerti, kedekatan anda dengan seseorang akan menjalin komunikasi batin. Tanpa disadari, lama-kelamaan marah-marah itu berevolusi menjadi dendam. Lagi-lagi marah-marah menyakiti yang bersangkutan plus orang lain.

Jangan Memendam Emosi

Jangan memendam emosi negatif, karena rasa itu merupakan rasa yang mudah terpicu ketika “panas”. Jika tak terbendung, pelampiasan yang membabi buta akan membuat anda menyesal. Duduklah bersama cari solusi dan tuntaskan permasalahan dengan kepala dingin.

Prisai Diri

Latih diri dengan menyerap informasi positif dari berbagai sumber. Seperti buku kesukaan, video motivasi atau bergerak sesuka hati. Itu alasannya kenapa olahragawan lebih fresh ketimbang orang yang jarang olahraga.

Gunakan Logika

Selalu melibatkan logika adalah hal yang cukup manjur untuk terhindar dari hal tersebut, Sebab pemicu amarah kadang ditunggangi tujuan lainnya. Misalkan, menjatuhkan kredibelitas dan mempermalukan seseorang.

Pergaulan Potisitif

Jaga pergaulan. Kekayanan tidak selalu diukur dengan materi, jika materi pas-pasan namun bisa merasa kaya, itu luar biasa. Belajarlah bersyukur dan berbagilah dengan orang-orang yang dipercaya. Meski orang tersebut tidak memberi solusi dari masalah anda, setidaknya dia sudah bersedia menjadi pendengar yang baik.

Artikel ini baiknya dibaca sebagai antisipasi respon berlebihan saat anda marah-marah. Karena jika sudah marah, telinga akan tuli dan mata menjadi buta. (riw)

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.