Pernah gak sih kalian memperhatikan lalu mencari jawaban atas pertanyaan itu namun hasilnya tetap NIHIL….?!
Ya! Penulis sedang mengalami hal tersebut, semenjak menggeluti profesi sebagai seorang #pengepulberita yang juga mengambil bidang seni budaya tentu penulis lumayan sering menghadiri dan mendapat undangan exhebition. Mulai dari dalam kota hingga luat kabupaten pun pernah penulis hadiri heee yang luar pulau masih mikir beberapakali untuk hadir kecuali ***
Mau pameran orang ternama, mau yang pmeran orang baru, pameran tunggal apalagi bersama yang hadir itu selalu itu dan itu saja. Mau diisi happening art super duper meriah kek, mau happening biasa saja kek, tetap juga orangnya itu dan itu saja, mungkin ada satu atau sampai tiga orang saja yang baru, entah penasaran, diajakin temen atau karena terjebak yasudahlah ini pertanyaan yang hingga kini belum juga penulis temukan jawabannya.
Ya, bagi penyelenggara atau pun seniman mungkin yang utama adalah kedatangan sang kolektor yang intinya mereka melihat lalu mau meminang satu atau lebih karya mereka dan itu hal wajar saja. Namun disini penulis masih bingung entah kenapa masyarakat Bali disekitar tempat/ lokasinya dekat dengan berlangsungnya pameran tak mau mampir ya? Apakah mereka tak mengerti, tak peduli, atau memang cuek sajalah…..
Bahkan yang baru saja dibuka gallery di kawasan Nusa Dua berbayar pula, namun ramainya cuma diawal saja dan itupun dipengaruhi karena barengan dengan penyelenggaraan annual meting. Ini murni pengamatan penulis.
Masalah karya yang dipamerkan, itu kan sudah ada tim kurator yang menentukan layak atau tidak sebuah karya untuk dipamerkan tetap juga pengunjungnya sepi.
Yang paling sering penulis lihat ketika ada sebuah pameran atau exhebition adalah turis asing. Maksud penulis bukan hanya di openingnya saja namun selama pameran berlangsung, pengunjungnya tak terlalu banyak jarang penulis temui pengunjungnya yang mencapai 30 orang/ harinya.
Lalu dimana letak kekeliruan ini? Atau penulis yang ketinggalan data…..
Follow kami di media sosial @kabarportal

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.

Comments on Facebook