Fungsi VPN dan Bahaya VPN/ kabarportal.com

Akhirnya penulis bisa terbitkan artikel di Kabarportal lagi setelah mengalami massa transisi dan jaringan internet acak kadul. Jadi begini…..

Tanggal 22 Mei 2019 internet di Indonesia sebagian di down, terutama akses media sosial. Menurut Wiranto selaku MENKOPLHUKAM menegaskan upaya tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan tersebarnya hoax yang berhubungan erat dengan kejadian demo di Jakarta terkait hasil PEMILU PRESIDEN 2019.

Baca Juga: Tentang Iklan dan Profit Penjualan Digital Marketing

Hal ini masih belangsung hingga tanggal 23 Mei siang waktu Bali, beberapa rekan penulis masih merasakan jika jaringan internet masih kurang baik. Alhasil, penggunaan VPN pun marak dilakukan pengguna internet di Indonesia untuk mengakali aturan pembatasan akses media sosial oleh pemerintah.

VPN atau Virtual Private Network, yaitu jaringan pribadi yang menggunakan medium nonpribadi (internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman. Jadi jika ada beberapa situ yang di block oleh pemerintah Indonesia kita tinggal mengganti VPN kita ke VPN luar negeri, caranya? Silahkan googling sendiri ya…. sehingga ketika VPN sudah diganti maka semua situs yang diblok di Indonesia akan mudah kita akses termasuk situs …. hehehehehehe…

Nah yang penulis bahas disini bukan kelebihan VPN tapi lebih kepada kerugian dan kemungkinan bahaya dari penggunaan VPN kecuali kalian mengerti internet dan hacking sih tak masalah……

Baca Juga: Review Film Lukisan Nyi Roro Kidul, Film Horror Namun Tak Seperti Itu

Jadi begini, internet yang kita ketahui saat ini hanya baru bagian luarnya saja tuh, padahal bagian dalam atau yang lebih dikenal dengan dark web itu sangat luas dan berbahaya. Penggunaan VPN ini sangat rentan dengan PENCURIAN DATA! Apalagi menggunakan ponsel dan layanan VPN yang digunakan tidak terpercaya.

Kenapa demikian?  ketika ponsel kalian terhubung dengan server penyedia VPN, pemilik server sejatinya bisa melihat seluruh isi lalu lintas data pada ponsel yang terhubung.

Baca Juga: Film Leak Penangkeb, Antara Ekspektasi dan Realita

Data yang kemungkinan bisa diambil adalah data yang ditransmisi selama ponsel terhubung, seperti mengekstrak komunikasi, mencuri data username (nama pengguna), password (kata kunci), data finansial, dan data penting lain. Sereeeeeeeeem coy………!!

Selain itu, penggunaan VPN yang tak terpercaya juga memungkinakan piranti kita disusupi malware dan ketika ponsel sudah disusupi malware resikonya cukup tinggi karena pelaku bisa bertindak semena-mena.

Jadi untuk kalian yang sudah instal VPN apakah sudah terpercaya? Heee… kalau penulis sih ……

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.