tips hilangkan asam urat/ kabarportal

Ingin asam urat tetap stabil di rentang optimal? Ini pilihan buah yang sebaiknya Anda konsumsi!

Asam urat mewajibkan penderitanya untuk tidak sembarang mengonsumsi makanan. Mereka, penderita asam urat, wajib menghindari makanan tinggi purin. Jika abai dan bertindak semena-mena, gejala berupa sendi terasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan sulit digerakkan bisa saja terjadi.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, penyakit asam urat adalah kondisi yang terjadi akibat penumpukan kristal monosodium urat pada sendi di sekujur tubuh.

Baca Juga: Ketahui manfaat Cumi untuk kesehatan.

“Asam urat dapat menumpuk dan membentuk kristal urat yang tajam serupa jarum di sendi atau jaringan sekitarnya. Kristal tersebutlah yang kemudian menyebabkan peradangan dan menimbulkan nyeri sendi,” tutur dr. Atika.

Lebih lanjut, dr. Atika menjelaskan bahwa musuh penderita asam urat adalah makanan. Itulah mengapa mereka tidak boleh semena-mena memilih menu makan, termasuk buah-buahan yang dikonsumsi secara rutin. Ini karena ada beberapa buah yang dihindari, ada pula yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

Terkait buah-buahan yang bisa dikonsumsi setiap hari oleh penderita asam urat, berikut adalah lima yang terbaik:

  • Apel

Apel mengandung vitamin C tinggi yang mampu memperbaiki dan memperkuat jaringan sendi. Selain itu, apel juga menyimpan senyawa yang diketahui dapat menetralkan asam urat sehingga mencegah penumpukan kristal monosodium urat di persendian.

  • Kurma

Kurma memiliki kandungan purin yang rendah. Di balik itu, buah khas Timur Tengah ini mengandung tinggi serat sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna dan persendian.

  • Pisang

Buah berkulit kuning ini kaya akan kandungan serat, vitamin C, antioksidan, dan rendah purin. Seluruh kandungan tersebut diyakini mampu mencegah terjadinya serangan asam urat.

  • Anggur
BACA JUGA:  Leak Penangkeb Siap Go Nasional

Anggur tinggi akan kandungan potasium, vitamin C, dan bioflavonoid. Selain itu, buah yang satu ini juga rendah kandungan purin. Anggur bahkan dikatakan mampu menurunkan kadar asam urat dan meredam nyeri sendi.

  • Jeruk manis

Tinggi akan kandungan vitamin C, fenolic, beta karoten dan likopen, jeruk manis sangat baik untuk dikonsumsi penderita asam urat.

Baca Juga: Cara Menemukan HP Android Yang Hilang

Mana buah yang jadi favorit Anda? Tetap ingat untuk membatasi porsi saat dikonsumsi agar tidak berlebihan. Dengan begitu, Anda hanya akan merasakan manfaat buah-buahan tersebut untuk mengendalikan penyakit asam urat tanpa takut terkena efek sampingnya.

kabarportal

Follow kami Instagram/ twitter dan Facebook @kabarportal dan silahkan kontak kami untuk kerjasam melalui surel - liputan@kabarportal.com cc di kabarportalnews@gmail.com bisa juga whatsaap di 085847009080.

comment dong