Unlimited Hosting tidaklah benar-benar tanpa batas. Ada batasan yang dikenal sebagai inodes! Berbeda dengan Hosting Limited yang memiliki “ukuran pasti”. Banyak kelebihan dan kekurangan dari dari kedua layanan Hosting ini, tapi yang kita batas sekarang adalah layanan UNLIMITED HOSTING.

Biasanya, jika batas inodes sudah mencapai batas tertentu maka pengguna akan mendapatkan peringatan dari provider hosting bahwa jumlah inodes telah mencapai batas sehingga proses backup tidak dapat dilakukan sebelum pengguna menghapus beberapa file dalam cpanel guna mengurangi jumlah inodes. 

Yuk kita bahas secara detail inodes. Tapi sebelum itu ingat check www.asturiproject.com ya….!

Apasih inodes webhosting ?

Inodes merupakan jumlah file total yang tersimpan dalam hosting baik dari file sampah trash , file manager , email, backup dsb ingat ya inodes adalah jumlah file bukan ukuran total file jadi meskipun kapasitas space hosting katakanlah masih cukup namun jika didalamnya terdapat jumlah file / inodes yang sangat banyak melebihi ketentuan maka anda akan mendapatkan notifikasi limit inodes.

BACA JUGA:  Kenapa Sungai Ada Batu? Ini Penjelasannya

Setiap layanan hosting memiliki batasan inodes yang berbeda anatara satu dengan yang lain , umumnya sebuah hosting diberikan batasan jumlah file didalamnya sebanyak 250.000 data / inodes namun ada juga beberapa provier hosting yang tidak membatasi jumlah inodes namun tetap saja menetapkan ukuran maksimal , sama saja! 

Apa yang terjadi jika inodes penuh ?

Tergantung kebijakan provider layanan masing-masing, kalau di hostgrator untuk shared hosting berjamaah biasanya diberikan batasan maksimal 100.000 untuk soft limit dan mengalami hard limit ketika jumlah inodesnya lebih dari 250.000 . Dalam layanan hosting biasanya terdapat fitur auto backup berarti jika inodes penuh , proses backup akan gagal termasuk penambahan file lain nya dari proses upload data

BACA JUGA:  Mau Penghasilan Tambahan? Coba Profesi Ini

Biasanya penyedia layanan cukup perhatian, ketika jumlah inodes pengguna mencapai 100.000 dan melampaui 250.000 kita akan mendapatkan notifikasi limit sebelum menghapus file atau mengupgrade hosting notifikasi tersebut tidak akan hilang . Beberapa provider malah mengancam suspend akun jika masalah inodes tidak segera ditanggapi pengguna.

Provider lain juga menetapkan kebijakan yang kurang lebih hampir sama, jangan sungkan tanyakan kepada supportnya berapa batasan limit inodes pada paket hosting anda.

BACA JUGA:  Bahaya Merokok Sambil Berkendaraan

Jika sudah punya paket hosting silahkan login kedalam cpanel lihat disebelah kanan biasanya dibarisan space ada batasan berapa jumlah inodes yang anda miliki . Untuk mengetahui kebijakan lebih lanjutnya silahkan googling atau hubungi lewat live chat disetiap layanan hosting ada kan fitur live chat ?

Berikut hal yang terjadi jika inodes penuh

Jika anda mengabaikan peringatan inodes maka beberapa hal berikut ini mungkin saja terjadi pada hosting anda yang menganggu kinerja website dikemudian hari.

1. Proses auto backup akan terhenti otomatis karena file inodes terlampaui jika dipaksakan tetap saja hanya file backup tidak sempurna yang anda buat.

2. Tidak bisa upload file baru , tidak bisa tambah konten termasuk install theme plugin dsb.

3. Performa hosting keseluruhan terganggu.

4. Ancaman suspend permanen!

Cara mengurangi jumlah inodes hosting

Seperti yang sudah saya katakan bahwa inodes itu adalah jumlah file dihosting jadi jika anda ingin mengurangi jumlah inodes maka anda harus menghapus beberapa file dalam cpanel misalnya hapus file dalam folder trash, hapus file backup dimasa lalu, hapus install theme plugin tidak terpakai, hapus konten, hapus pesan masuk diemail, hapus directory, hapus duplikat gambar dsb.

Penyebab inodes tiba-tiba membengkak dikarenakan tautan spam dalam email atau karena settingan auto backup yang tersimpan dalam file manager silahkan cari dan hapus lalu duplikat gambar , seperti kita tahu ketika kita mengunggah gambar dalam konten maka gambar tersebut akan dirubah otomatis kedalam 3 ukuran yaitu large, medium dan low masing-masing untuk kepentingan thumbnail, konten maupun slider. Anda bisa menggunakan plugin DNUI do not use image coba disearching dalam pencarian plugin saya lupa.

Tips mengatasi limit inodes di web hosting

Jangan dipikirkan terlalu pusing , jika anda mendapatkan notifikasi limit mari saya bantu mengurangi jumlah inodes sedikit demi sedikit 

1. Jangan langsung pindah layanan

Beberapa orang mungkin berpikir pindah layanan hosting adalah solusi yang tepat, logika orang awam buat apa mahal-mahal beli hosting dirumah*** yang katanya unlimited space namun masalah inodes saja dibatasi.

Berpindah layanan hosting tidak akan menyelesaikan masalah anda terlebih bagi anda yang mengelola beberapa alamat website dalam satu hosting mau berpindah kelayanan manapun tetap saja anda akan mendapatkan notifikasi limit .

Misal anda pengguna hosting dirumah** dengan jumlah inodes 500.000 kemudian pindah ke host** sama saja jika anda tidak memperbaiki masalahnya dari dalam.

Jadi langkah pertama yang anda lakukan jangan pesimis dan langsung pindah hosting terlebih dahulu sebelum memastikan apakah masalah inodes yang anda alami murni karena banyaknya file tidak terpakai dari dalam atau memang karena kapasitas hostingnya memang perlu diugrade.

BACA JUGA:  Gempa di Lombok Terjadi Saat Jalan - Jalan

2. Identifikasi masalah cari penyebabnya

Cari tahu apa masalahnya. Apa benar karena banyaknya file tidak terpakai di directory? Apa benar karena email yang menumpuk? Apa benar karena file backup tidak di hapus? Apa benar file sampah masih nongkrong di folder sampah? Jika iya, hapus semua file itu sesuai rekomendasi dari provider hosting Anda.

Masuk file manager – wp konten – cache hapus semua isi file didalamnya atau anda bisa menggunakan bantuan plugin wp super cache dan wp optimized

BACA JUGA:  Gek Ayu :Lemonic & Morinda Citrifolia ini untuk kesehatan tubuh.

Ehm masalah lain coba masuk file manager – httpdoc – wp konten – upload, lihat file duplikasi gambar apakah cukup banyak disana atau tidak?

3. Backup data dulu secara offline

Coba hapus menghapus beberapa directory yang dinilai menyebabkan banyak masalah inodes jika nanti ada error tinggal di restore dari data sebelumnya

Setelah melakukan berbagai cara namun jumlah inodesnya masih besar melebihi kapasitas minta bantuan tim support dan minta mereka untuk memberikan saran bagaimana cara pengoptimalan yang benar – apakah memang sudah batasan hosting.

BACA JUGA:  Hari Ibu, Hari Ajang Pamer

Demikian postingan saya mengenai bagaimana cara mengatasi dan mengurangi jumlah inodes yang melampaui batas alias limit pada paket hosting , segala kemungkinan pasti ada penyebabnya , saran saya jangan terlalu cepat mengambil keputusan sebelum melakukan identifikasi serta pertimbangkan saran dari tim support.