Aturan Baru Berkunjung ke Pesta Kesenian Bali, Bawa Tempat Sampah Sendiri

 Aturan Baru Berkunjung ke Pesta Kesenian Bali, Bawa Tempat Sampah Sendiri
Daftar Isi

KABARPORTAL.COM – Kepala Bidang Kesenian dan Tenaga Kebudayaan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Ni Wayan Sulastri meminta seluruh pihak yang terlibat dalam event Pesta Kesenian Bali turut serta menjaga kebersihan lingkungan kegiatan.

 

Tentunya hal ini bertujuan untuk menjaga tempat kegiatan festival seni terbesar itu bebas dari sampah.

 

promo pembuatan website bulan ini

“Kepada seluruh pihak baik panitia, pemain hingga pengunjung wajib bertanggung jawab pada sampahnya sendiri,” tegasnya sebagaimana dikutip dari siaran perss Selasa, 13 Juni 2023.



Baca Juga:  Ini Pemenang Rip Curl GromSearch 2023, Ada Dylan Wilcoxen dan Suri Jabrik

 

Dikatakannya, bagi seluruh pihak juga diharapkan untuk membawa tempat sampah sendiri.

 



“Kami akan melibatkan Satpol PP, pecalang, dan petugas keamanan untuk menjaga di pintu masuk agar pengunjung tak membawa makanan ke area Taman Budaya,” tuturnya.

 

Pun dismapaikan bagi pengunjung untuk menghabisan makanan dan minuman di luar area Taman Budaya.

Baca Juga:  Jadwal Pesta Kesenian Bali Jumat, 7 Juli 2023

 

Selain itu, area kuliner juga turut menjadi perhatian khusus. “ Para pembeli atau pengunjung silakan makan di lokasi kuliner , tidak diperbolehkan keliling membawa makanan, “ tegas Arsika.

 

Bukan hanya sampah, soal parkir kendaraan juga turut menjadi sorotan. Para pengunjung dilarang untuk membawa kendaraan ke areal taman budaya.

Baca Juga:  Membuat Kerajinan Gajah Mina di Pesta Kesenian Bali 2023, Apa Itu Gajah Mina?

 

Para sekaa boleh membawa alat gamelan serta peralatan lainnya, lalu keluar areal dan parkir sesuai tempat yang disediakan.

 

“Di pintu masuk utara akan diisi pembatas, sehingga kendaraan tidak bisa lewat. Seniman dan sekaa seni yang membawa alat pementasan bisa melalui pintu selatan, namun setelah menaruh alat-alatnya kemudian kembali keluar dan memarkir kendarannya di belakang Panggung terbuka Ardha Candra,” tegasnya.

Baca Juga:  Jadwal Pesta Kesenian Bali Sabtu, 24 Juni 2023

 

PKB 2023 termnasuk event budaya terbesar. Kali ini mengambil tema “Segara Kerthi: Prabhaneka Sandhi (Samudra Cipta Peradaban) dimaknai sebagai upaya pemuliaan laut sebagai sumber kesejahteraan semesta yang menjadi asal mula lahirnya suatu peradaban.

 

Pelaksanaan kegiatan PKB akan dimulai 18 Juni hingga 16 Juli 2023, dengan 10 materi kesenian yang akan ditampilkan pada rangkaian PKB tersebut yakni Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Lomba), Bali World Culture Celebration (Perayaan Budaya Dunia), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni), dan Jantra Tradisi Bali (Pekan Kebudayaan Daerah).

Baca Juga:  Jadwal Lengkap Pesta Kesenian Bali 2023 Kamis, 13 Juli 2023

 

Sementara tahun 2023 ini, jumlahnya diprediksi mencapai 18. 974 seniman, mencakup Rekasadana (Pergelaran) 9.670 orang, Utsawa (Parade) 7.885, Wimbakara (Lomba) 1.319 orang, dan Kandarupa (Pameran) 100 orang.

Baca Juga:  Kapan Dibuka Pesta Kesenian Bali (PKB) 2024? Harga Tiket dan Lokasi Parkir

 

PKB akan dilaksanakan Peed Aya. Pemerintah Provinsi Bali tetap akan mengambil lokasi di depan Monumen Bajra Sandhi, Denpasar. ***

klik di sini untuk jadwal PDF Pesta Kesenian Bali 2023
klik di sini untuk informasi seputar Pesta Kesenian Bali

ikuti kami di Google News

0 Reviews

Write a Review

ikuti kami di Google News

0 Reviews

Write a Review

Baca Juga:

error: Content is protected !!