Betawi Meriahkan Pesta Kesenian Bali 2023, Tampilkan Keberagaman Nusantara Melalui Seni Tari

 Betawi Meriahkan Pesta Kesenian Bali 2023, Tampilkan Keberagaman Nusantara Melalui Seni Tari

Sanggar Sampan Bujana Sentra yang berkolaborasi dengan Sanggar Widya Budaya saat tampil di Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023.

KABARPORTAL.COM – Betawi dalam Bhinneka Tunggal Ika, itulah rangkuman pementasan yang dibawakan oleh Sanggar Sampan Bujana Sentra yang berkolaborasi dengan Sanggar Widya Budaya di Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023.

 

Mereka adalah tim delegasi kesenian DKI Jakarta yang turut memeriahkan Pesta Kesenian Bali ke-45.

 

promo pembuatan website bulan ini

Dalam penampilannya ada 3 garapan yang dipertunjukkan. Masyarakat yang memadati  Kalangan Ayodya, Art Centerpada Rabu, 21 Juni 2023 pun terhipnotis.



Seni Betawi Hibur Pangunjung PKB ke 45
Sanggar Sampan Bujana Sentra berkolaborasi dengan Sanggar Widya Budaya menjadi tim delegasi kesenian DKI Jakarta dalam memeriahkan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023 di Kalangan Ayodya, Taman Budaya Bali (Art Center) pada Rabu (21/6) malam.

Tidak sekedar menampilkan garapan, saat mereka mereka juga melibatkan pentonton. Inilah yang semakin menambah suasananya semakin meriah.

Baca Juga:  The Mandara Village, Hunian Masa Depan di Kerobokan

 

Rofiqoh Mustafah, Kabid Pemanfaatan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta didampingi Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Arista nyebutkan jika hal itu sengaja dilakukan untuk menghidupkan suasana. “Memang dikemas seperti ini,” kata Rofiqoh.



 

Adapun tema yang diangkat dalam penampilan malam itu adalah tari Nusantara lantaran Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia sekaligus sebagai representasi Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Betawi Dalam Bhinneka Tunggal Ika, itulah rangkuman pementasan yang dibawakan oleh Sanggar Sampan Bujana Sentra yang berkolaborasi dengan Sanggar Widya Budaya di Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023.
Betawi Dalam Bhinneka Tunggal Ika, itulah rangkuman pementasan yang dibawakan oleh Sanggar Sampan Bujana Sentra yang berkolaborasi dengan Sanggar Widya Budaya di Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023.

“Tarian dari seluruh Nusantara yang ditampilkan,” ujarnya.

 

Selain itu, penampilan itu sekaligus ajang promosi budaya Betawi khususnya di Bali.

Baca Juga:  Menelusuri Transformasi Bali Sunset Road Convention Center

 

Sanggar Sampan Bujana Sentra di PKB 2023

 

Pada bagian pertama, para penampil terlebih dahulu kekayaan Seni Betawi dengan menampilkan tari-tarian khas Betawi seperti Medley Tari Lenggang Nyai dan Kembang Kemayoran, Tari Ronggeng Blantek, Tari Ondel-Ondel, hingga Tari Jali-Jali dan mengajak para tamu yang hadir untuk joget/ngibing dan menari bersama.

Baca Juga:  Jelang Pesta Kesenian Bali, Lighting dan Sound System Perlu Penanganan Lebih

 

Pada bagian kedua, tergambar Bhineka Tunggal Ika di mana tanah Betawi kini tidak hanya orang-orang Betawi asli saja. Tetapi banyak para pendatang dari luar Betawi seperti dari Jawa, Sumatera, Sulawesi,  Kalimantan, Irian, Papua serta kepulauan-kepulauan Indonesia lainnya yang tinggal dan lahir serta dibesarkan di tanah Betawi ini.

Ketika penari memberikan penampilan terbarik di Pesta Kesenian Bali 2023
Ketika penari memberikan penampilan terbarik di Pesta Kesenian Bali 2023

Pada kesempatan ini ditampilkan sebuah permainan rakyat loncat bambu asli dari Maluku yang dikemas dalam sebuah tari Gaba-Gaba dan mengajak para tamu yang hadir juga bisa turut serta bermain dan belajar loncat bambu ini.

Baca Juga:  Jadwal Lengkap Pesta Kesenian Bali Selasa, 4 Juli 2023

 

Kemudian ditampilkan juga kesenian khas Jawa Barat yakni tari Merak, di mana para penari memperlihatkan keindahan sayap burung merak serta menggambarkan  kegembiraan burung-burung Merak yang terbang kian kemari di alam bebas.

 

Tak lupa Tari Jaipongan Bajidor Kahot yang merupakan sebuah tari kreasi dimana gerakan-gerakan tarinya kolaborasi gerakan Jaipongan dan Bali, sebuah tari pergaulan yang atraktif dan sering  digunakan juga untuk menyambut tamu-tamu.

Tarian asal Betawi memeriahkan Pesta Kesenian Bali ke-45 tahun 2023
Tarian asal Betawi memeriahkan Pesta Kesenian Bali ke-45 tahun 2023

Baca Juga:  Jadwal Pesta Kesenian Bali Rabu, 28 Juni 2023

 

Pada bagian ketiga, ditutup dengan musik tradisional angklung ensemble, di mana seluruh penari tampil bermain angklung sambil bernyanyi membawakan lagu-lagu Betawi dan Bali, serta mengajak para tamu yang hadir untuk juga dapat belajar bermain angklung. Uniknya, ada dua pemandu dengan sebutan Cang dan Cing yang memandu acara dan menghidupkan suasana. ***

Serba Seri Pesta Kesenian Bali 2023

klik di sini untuk jadwal PDF Pesta Kesenian Bali 2023
klik di sini untuk informasi seputar Pesta Kesenian Bali

Link Streaming Pesta Kesenian Bali 2023

Silahkan klik

LINK 1

LINK 2

ikuti kami di Google News

0 Reviews

Write a Review

ikuti kami di Google News

0 Reviews

Write a Review

Baca Juga:

error: Content is protected !!