Ini 9 Kegiatan yang Ditemui di Pesta Kesenian Bali 2024

 Ini 9 Kegiatan yang Ditemui di Pesta Kesenian Bali 2024

Sekaa Taman Penasar Babakan Pule Duta Klungkung tampil di Wantilan Taman Budaya, dalam Pesta Kesenian Bali ke-45, Minggu (25/6)

 

DENPASAR, KABARPORTAL.COM – Pesta Kesenian Bali atau PKB 2024 berlangsung selama 1 bulan penuh dari pembukaan pada 15 Juni dan berakhir 13 Juli 2024. Sedangkan untuk lokasi pelaksanaan juga masih sama seperti tahun sebelumnya yakni untuk Peed Aya di kawasan Niti Mandala Renon, Denpasar dan pembukaan berlangsung di Ardha Candra pada malam harinya.

Lantas, apa saja yang bisa ditemukan pada hajatan kesenian tahunan terbesar di Bali itu? Dalam artikel ini akan dibahas secara singkat tentang Pesta Kesenian Bali 2024.

Tema PKB 2024

Melansir dari laman Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, tema untuk Pesta Kesenian Bali 2024 adalah Jana Kerthi Paramaguna Wikrama yang berarti Markat Martabat Manusia Unggul.

Rencana di Buka Presiden Jokowi

promo pembuatan website bulan ini

Pesta Kesenian Bali tahun ini juga direncanakan dibuka oleh Presiden ke-7 Indonesia, Joko Widodo. Yang diawali dari Peed Aya, setelah itu pada malam harinya Jokowi dijadwalkan untuk membuka langsung Pesta Kesenian Bali 2024 di Ardha Candra.



Hal yang Ditemukan di Pesta Kesenian Bali 2024

Pesta Kesenian Bali memasukan gelaran ke-46 ini dibuka secara umum dan tentunya gratis, sehingga masyarakat luas pun bisa menyaksikannya secara langsung.

Tidak saja kesenian tradisional, sebulan penuh kegiatan ini juga menampilkan beragam kesenian dari negara sahabat dan tentunya beberapa kesenian dari wilayah lain di Indoensia.

Bertempat di Taman Budaya Art Center Denpasar, seperti tahun sebelumnya, PKB diawali dengan Peed Aya atau Pawai yang digelar pada sore hari pada tanggal 15 Juni  2024. Pawai Pesta Kesenian Bali berlangsung di Depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, niti Mandala, Renon.

pesta kesenian bali 2024
Penampilan kendang mebarung saat pawai atau Peed Aya pembukaan Pesta Kesenian Bali 2016/ kabarportal
Baca Juga:  5 Rekomendasi Hotel Murah Dekat Pantai Kuta dan Seminyak

Kemudian pada malam harinya digelar pembukaan bertempat di panggung terbuka Ardha Candra, Art Center Denpasar. Event kesenian terbesar di Bali itu berlangsung setiap hari dari pagi hingga malam hari.



Lantas apa saja yang ada di Pesta Kesenian Bali? Setidaknya ada 9 jenis kegiatan yang ada sebagai berikut:

kapan dilaksanakan pkb 2024 di bali
ilustrasi Pesta Kesenian bali (PKB) ke-46 tahun 2024 Bali pada 15 Juni hingga 13 Juli 2024/ Dibud Prov. Bali/ kabarportal

1. Bali World Culture Celebration

(Pereayaan Budaya Dunia)

2. Jantra Tradisi Bali

(Pekan Kebudayaan Daerah)

3. Adhi Swaka Nugraha

(Penghargaan Pengabdi Seni)

Baca Juga:  3 Tempat Healing di Ubud yang Wajib Dikunjungi, Lengkap Harga Tiketnya

4. Kandarupa

(Pameran)

5. Widyatula

(Sarasehan)

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Liburan Hits di Bangli yang Wajib Dikunjungi

6. Wimbakara

(Lomba)

7. Utsawa

(Parade)

8. Rekasadana

(Pagelaran)

9. Peed Aya

(Pawai)

Baca Juga:  3 Pantai Paling Viral di Badung Selatan yang Wajib Kalian Kunjungi

Selain bisa menyaksikan beragam kesenian, pada Pesta Kesenian Bali 2024 ini juga bisa menikmati pasar malam hingga aneka kuliner. Sedangkan untuk lokasi parkir masih sama seperti tahun sebelumnya yakni di area Kampus Institut Seni Denpasar dan di Area Bale Banjar Kedaton. ***

0 Reviews

Write a Review

ikuti kami di Google News

0 Reviews

Write a Review

Baca Juga:

error: Content is protected !!