Sejarah Singkat Tentang Pesta Kesenian Bali

 Sejarah Singkat Tentang Pesta Kesenian Bali

sejarah singkat Pesta Kesenian Bali

Daftar Isi

Berikut adalah sejarah singkat Pesta Kesenian Bali atau PKB. Di mana Pesta Kesenian Bali merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Provinsi Bali melalui Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Dimulai pada tahun 1979, hajatan seni terbesar di Bali itu dicetuskan oleh Gubernur Bali ke-6 almarhum Ida Bagus Mantra yang tiada lain adalah ayah kandung dari Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

Baca Juga:  Doa atau Mantra yang Digunakan di Pura Desa Tempat Berstana Dewa Brahma

Awal Pesta Kesenian Bali digelar penuh selama dua bulan yakni dari 20 Juni 1979 hingga 23 Agustus 1979 sebelum akhirnya digelar hingga saat ini berlangsung selama satu bulan penuh.

Baca Juga:  Da Maria Awali Tahun 2024 dengan Menikmati Dinner Italia Regional pada 16 Januari

Atas diselenggarakannya Pesta Kesenian Bali atau PKB ini pun diklaim menjadikan segala bentuk kesenian di Bali menjadi berkembang.

promo pembuatan website bulan ini

Begitu pun pariwisata Bali yang juga dipengaruhi oleh adanya peran Pesta Kesenian Bali, bahkan awalnya tujuan wisatawan ke Bali adalah mencari kesenian termasuk budaya dan bukan pantai.



Baca Juga:  The Purist Villas: Tempat Peristirahatan yang Berseni dan Penuh Keberagaman Budaya di Tengah Ubud

Dilansir dari laman Dinas Kebudayaan Buleleng, Pesta Kesenian Bali pun dikatakan memegan peran penting terhadap perkembangan pariwisata Bali.

Baca Juga:  Jadwal Pesta Kesenian Bali Minggu, 9 Juli 2023, dari Pagelaran sampai Parade

Peseta Kesenian Bali juga sekaligus menjadi wadah serta media untuk proses edukasi, pengenalan keberagaman hingga pelestarian.

0 Reviews

Write a Review

ikuti kami di Google News

0 Reviews

Write a Review

Baca Juga:

error: Content is protected !!