Ini Banten yang Digunakan untuk Melaksanakan Tumpek Krulut

 Ini Banten yang Digunakan untuk Melaksanakan Tumpek Krulut

ilusterasi/ coffeemorning/ pixabay

Daftar Isi

Ini merupakan banten yang digunakan untuk melaksanakan Tumpek Krulut. Sabtu, 18 Februari 2023 umat Hindu melaksanakan Tumpek Krulut.

Yang mana rainan ini diidentikan sebagai hari kasih sayang. Rainan ini datang berdasarkan pertemuan Saptawara Saniscara, Pancawara Kliwon dan Wuku Krulut.

Tumpek Krulut diidentikkan sebagai hari kasih sayang merunut pada penjelasan dari Prof. Dr. Drs. I Made Surada, MA, seorang dosen dari Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar yang tertuang dalam laman disbud.bulelengkab.go.id.

Baca Juga:  Berikut adalah Nama-nama Sasih Lengkap dengan Jumlah dan Penjelasanya

Dijelaskan bahwa secara harafiah Krulut memiliki arti tresna atau kasih sayang. Dalam melaksanakannya, umat hindu menggunakan banten sesajen dilengkapi dengan ketupat, ajuman, tigasan, pengambean dan peras.

promo pembuatan website bulan ini

Tentu banten ini juga menyesuaikan dengan desa kala patra. Setelah itu, sesajen dihaturkan dekat alat musik yang brtujuan agar suara gamelan tetap terdengar cantik dan indah.



Baca Juga:  Jumlah dan Jenis-jenis Tumpek di Bali, Lengkap dengan Doa untuk Melaksanakannya

Sedangkan kata Tumpek berarti Tampek atau Dekat. Tumpek Krulut datang setiap 210 hari atau enam bulan berdasarkan perhitungan Kalender Bali.

Dibeberapa pura, sanggah atau merajan pada rainan Tumpek Krulut biasanya akan menggelar Petirtan, Petoyan atau Ngerainin. ***

ikuti kami di Google News

0 Reviews

Write a Review

ikuti kami di Google News



0 Reviews

Write a Review

Baca Juga:

error: Content is protected !!